Q & A

Halaman khusus pertanyaan pertanyaan yang sudah di jawab yang sering terjadi dan di temukan,fakta dilapangan dalam praktek pelayanan di loket Kantorpos perihal pengiriman barang,paket dan dokumen yang di kirimkan melalui loket Pos Indonesia.
Beserta uraian dan atau rangkuman perihal kebijakan/regulasi terupdate menyangkut praktek layanan pengiriman Paket pos.
"Short Artikel di bawah dalam bentuk Q&A adalah informasi dari berbagai sumber yang aktualitas & Validitasnya harus mengikuti dengan Info yang terbaru (Update),kalau ada Update terbaru kami akan melakukan Update penyesuaian.Silahkan berkomentar sekiranya ada yang perlu di ralat sesuai dengan Info Update yang valid".


Question :?
Answer :

Q.Apa itu HS Code ?
A.Kode HS adalah Kode Sistem Harmonisasi, yang digunakan untuk mengklasifikasikan produk dalam bisnis. Ini berisi nama & nomor HS standar internasional untuk mendefinisikan setiap kategori komoditas.Selengkapnya KLIK

Q.Barang apa saja yang kena bea cukai?
A.Barang kiriman berupa barang kena cukai dapat diberikan pembebasan cukai dengan jumlah paling banyak :
Sejumlah 40 batang sigaret, 5 batang cerutu, 40 gram tembakau iris, atau hasil tembakau lainnya berupa : Dalam bentuk batang = 20 batang. Dalam bentuk kapsul = 5 kapsul. ...
350 mililiter minuman yang mengandung etil alkohol.

Q.Kenapa bisa barang ditahan di bea cukai?
A.Alasan Barang Tertahan di Bea Cukai Indonesia
Tinggi berarti barang Anda adalah barang yang dilarang untuk impor ke Indonesia, sementara rendah berarti barang Anda tidak memiliki dokumen yang diwajibkan.

Q.Berapa bayar bea cukai?
A.Saat ini, besaran tarif yang berlaku adalah sebesar 17,5%. Besaran tarif sebesar 17,5% merupakan total dari bea masuk sebesar 7,5%, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10% dan Pajak Penghasilan (PPh) 0%.

Q.Apa itu barang kiriman?
A.Barang kiriman adalah barang yang dikirim oleh pengirim tertentu di luar negeri kepada penerima tertentu di dalam negeri.

Q.Apakah menerima barang dari luar negeri harus bayar?
A.Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan No. PMK 199/PMK.10/2019, bahwa semua barang kiriman dari luar negeri dengan harga diatas $3, akan dikenakan Pungutan Dalam Rangka Impor, atau kita biasa menyebutnya sebagai pajak. ... Nah, ini aturan dasar pembayaran pajak jika kita menerima paket kiriman dari luar negeri

Q.Apakah semua barang impor dikenakan pajak?
A.Setiap barang impor sebagai objek pajak tidak lepas dari pengenaan pajak. Jenis pajak impor ini terdiri dari Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI) dan Bea Masuk. Sedangkan PDRI sendiri terdiri dari PPh Pasal 22 impor, PPN, dan PPnBM. Hampir semua jenis barang yang diimpor akan dikenakan berbagai macam pajak impor tersebut.

Q.Apakah pengiriman barang dari luar negeri dikenakan pajak?
A.Sehubungan dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Keuangan nomor PMK 199/PMK.10/2019, semua pemasukan barang melalui kiriman dari luar negeri dan termasuk Batam senilai USD3 atau lebih akan dikenakan Bea Masuk (BM) dan Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI, yaitu: PPN dan PPh)

Q.Apakah kiriman barang dari luar negeri kena pajak?
A.Anda yang suka berbelanja online atau sering menerima kiriman paket dari luar negeri wajib mengetahui berapa bea masuk dan pajak-pajak untuk paket kiriman tersebut. ... Dalam ketentuan ini impor barang kiriman dengan harga di atas USD3 kebawah bebas Bea Masuk, hanya dikenakan PPN 10%

Q.Apakah barang bekas kena bea cukai?
A.Aturan itu semakin diperketat dengan adanya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 199 Tahun 2019 tentang Ketentuan Kepabeanan, Cukai, dan Pajak Atas Impor Barang Kiriman. “Untuk barang bekas memang kena pajak, apalagi barang bekas dari luar negeri, itu ada bea masuknya juga,” 

Q.Apa tugas dari Bea dan Cukai?
A.Direktorat Jenderal Bea dan Cukai mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengawasan, penegakan hukum, pelayanan dan optimalisasi penerimaan negara di bidang kepabeanan dan cukai sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Q.Bolehkah impor barang bekas?
A.Kementerian Perdagangan telah menerbitkan larangan impor bagi barang dengan status bekas atau second. Larangan tersebut tertuang dalam Permendag Nomor 48 Tahun 2015 tentang ketentuan umum di bidang impor. ... Aturan ini berlaku untuk semua jenis barang.

Q.Apakah perorangan bisa impor barang?
A.Prosedur pengiriman barang impor untuk perorangan dapat dilakukan melalui penyelenggara Pos. Ketentuan mengenai impor barang kiriman diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 199/PMK.010/2019 Tentang Ketentuan Kepabeanan ,Cukai, dan Pajak Atas Impor Barang Kiriman.

Q.Apa yg dimaksud dg bea cukai?
A.Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (disingkat DJBC atau bea cukai) adalah nama dari sebuah instansi pemerintah yang melayani masyarakat di bidang kepabeanan dan cukai. Pada masa penjajahan Belanda, bea dan cukai sering disebut dengan istilah douane

Q.Apa yang dimaksud bea cukai dan contohnya?
A.Pengertian Bea Cukai

Bea adalah suatu tindakan pungutan dari pemerintah terhadap barang ekspor dan impor, sedangkan pengertian dari Cukai sendiri merupakan pungutan suatu barang yang memiliki karakteristik yang sudah ditetapkan dalam Undang-undang Cukai.

Q.Apa perbedaan Bea dan Cukai?
A.Bea sendiri merupakan suatu tindakan pungutuan dari pemerintah terhadap barang ekspor atau impor, sedangkan cukai adalah pungutan negara kepada suatu barang yang memiliki sifat atau karakteristik yang sudah ditetapkan dalam Undang-Undang Cukai.

Q.Barang apa saja yang diLARANG diimpor ke Indonesia?
A.Barang yang diLARANG impornya masuk ke Indonesia:
  • Pakaian Bekas.
  • Produk percetakan bahasa Indonesia dan daerah.
  • Peptisida Etilin Dibromida/EDB.
  • Limbah B3.
  • Gombal baru dan bekas.
  • BPO (Metilbromida untuk Fumigasi/pergudangan, CFC dan Halon)
  • Mesin yang menggunakanb BPO.

Q.Mengapa diberlakukan larangan ekspor dan impor?
A.Sesuai dengan namanya, larangan ekspor adalah kebijakan suatu negara untuk melarang ekspor barang-barang tertentu keluar negeri. ... Contoh alasan ekonomi antara lain adalah larangan ekspor karena ingin mendorong perkembangan industri lokal

Q.Sebutkan produk produk apa saja yang biasanya terkena larangan impor?
A.b. Larangan Impor di Taiwan
Uang Logam palsu, obligasi, surat berharga, alat cetakan uang palsu;
Peralatan judi, tiket letere dicetak di LN;
Buku, majalah, gambar menunjukkan kekerasan dan porno;
Publikasi yang mempromosikan komunis;
Produk melanggar hak paten, trademarks, dan hak intelektual;
Amunisi.

Q.Berapa lama proses dokumen di bea cukai?
A.Kalai dirangkum, pemeriksaan di Bea Cukai hanya pada saat barang mulai diperiksa hingga penghitungan pungutan. Kalau diproses, rata rata ga lebih dari 3 hari kerja. Bahkan kalau barangnya jelas dan dokumennya lengkap cuma hitungan jam diperiksa oleh Bea Cukai.

Q.Kenapa barang kena jalur merah?
A.Jalur merah ditetapkan berdasarkan beberapa kriteria di antaranya, importir baru, importir/barang impor termasuk kategori berisiko tinggi, barang impor sementara, barang re-impor, terkena pemeriksaan acak, dan barang impor tertentu yang ditetapkan pemerintah.

Q.Apa yang terjadi jika kita lebih banyak membeli barang dari luar negeri?
A.:Dapat mengancam ekonomi Indonesia, dapat membunuh kreativitas anak bangsa, dan meningkatkan ekonomi negara lain.

Perhatian


Terkait dengan volume retur kiriman EMS yang penerusannya via DHL, dengan Volume kiriman returnya yang semakin meningkat, maka dapat kami ingatkan kembali hal-hal mengenai aturan kiriman diantaranya:
  1. Pastikan pada saat menerima kiriman EMS, konfirmasi ulang kepada pengirim  mengenai nama, alamat,kota tujuan, kodepos dan no telepon penerima yang dapat dihubungi.
  2. Pastikan alamat penerima bukan alamat PO BOX
  3. Pastikan nama penerima bukan single name, tapi ada nama depan dan nama belakangnya
  4. Pengisian form EMS-5 harus lengkap
  5. Isi kiriman harus sesuai dengan yang disampaikan di form EMS-5, karena itu perlu dilakukan pemeriksaan isi kiriman/ sampaikan kepada pengirim bahwa kiriman dapat diperlihatkan terbuka kepada petugas loket, jika pengirim menolak sampaikan saja jika terjadi sesuatu  terhadap kiriman salah satunya kiriman diretur, maka hal tersebut di luar tanggung jawab pos.
  6. Untuk kiriman ke Russia pastikan alamat penerima adalah alamat perusahaan, bukan alamat perorangan.
  7. Untuk kiriman ke Brazil, pastikan pengirim melampirkan no TAX ID/CPF/CNPJ/NPWP  penerima.
  8. Untuk kiriman isi obat-obatan harus melampirkan resep dokter.
  9. Hindari kiriman yang berbahan dasar olahan daging ( rendang, abon, Dendeng )
  10. Isi kiriman makanan, kosmetik, herbal, harus  yang sudah terdaftar di BPOM/Dinkes, ada merek dagang, terdapat Expire Date di kemasan.
  11. Lampirkan invoice/ nota barang kiriman
  12. Sampaikan kepada pengirim, bahwa ongkos kirim yang sudah di bayarkan tidak termasuk bea masuk/ pajak masuk di negara tujuan, karena aturan bea masuk sudah menjadi aturan negara tujuan yang menjadi kewajiban pihak penerima ketika menerima kiriman.
  13. Untuk kiriman Masker kain, ketentuannya harus melampirkan foto masker yang dikirim, invoice.
  14. Untuk kondisi saat ini, untuk kiriman yang penerusannya DHL hindari kiriman berisikan Rokok.

Demikian yang dapat kami sampaikan,Salam Juara

UPDATE

Dear All, update utk Tujuan United Kingdom (UK), yang wajib EORI hanyak utk barang dengan Nilai > 800 USD 

Jika kurang dari nilai tsb silakan diproses tanpa EORI.

Aturan cara isi resi CN23 EMS / Pos Ekspor

 Yang penting diperhatikan saat menerima barang adalah:
 Deskripsi Pengirim dan Penerima harus jelas antara lain
 Name (wajib)
 Alamat lengkap termasuk kode pos (wajib)
 Nomor telepon (wajib)
 Deskripsi item harus jelas, meliputi:
 Deskripsi Barang (wajib)
  Nilai Barang (wajib)
 Tekstur Barang (Cairan dan Serbuk harus disertai MSDS: Material Safety Data Sheet)
 Pelanggan EMS harus diberitahu tentang faktur
 Pelanggan EMS harus menandatangani faktur dengan data uraian barang yang lengkap
 EMS / Pos Ekspor Pelanggan harus dicentang opsi Return dan ditinggalkan jika pengiriman gagal pengiriman.

Yang harus di perhatikan dalam penulisan Data dan alamat penerima kiriman Luar Negeri :
1. RUMAH
Tanya NAMA JALAN
Tanya NOMOR JALAN
Tanya NOMOR RUMAH
Tanya NAMA KOTA/DISTRICT
Tanya KODE POS
Tanya NEGARA
Tanya NOMOR TELPON

2. APARTMENT
Tanya NAMA APARTMENT?
Tanya UNIT BERAPA ?
Tanya BLOCK APARTMENT?
Tanya NOMOR APARTMENT?
Tanya LANTAI BERAPA?
Tanya NAMA JALANNYA?
Tanya NAMA DISTRICT/KOTAnya?
Tanya KODE POSnya?
Tanya NEGARA
Tanya NOMOR TELPON

3. OFFICE BUILDING
Tanya NAMA GEDUNG KANTORnya
Tanya LANTAI BERAPA
Tanya UNIT BERAPA
Tanya NOMOR GEDUNG
Tanya NAMA JALAN
Tanya NAMA DISTRICT/KOTA
Tanya NEGARA
Tanya KODE POS
Tanya NOMOR TELPON
HOTEL/VILLA
Tanya NAMA HOTEL/VILLA
Tanya NOMOR HOTEL/

4. VILLA
Tanya LANTAI BERAPA
Tanya NAMA JALAN
Tanya NOMOR JALAN
Tanya NAMA KOTA/DISTRICT
Tanya KODE POS
Tanya NEGARA
Tanya NOMOR TELEPON

Good Description : tidak boleh hanya tulisan "Herbal, vitamin, Spareparts, Clothes, dsb",harus specific

Pengirim & penerima tidak boleh single name

FAQ tentang IMPOR BARANG KIRIMAN dapat diakses melalui laman http://bctemas.beacukai.go.id/faq/impor-barang-kiriman/ 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya ke blog Kantorpos Nabila,Kantorposnabila.com adalah salah satu Blog yang di kelola oleh Agenpos Nabila 15815C1 sebagai Mitra Pos Indonesia,kami memberikan Informasi dan pengetahuan seputar Agenpos dan Pos Indonesia dalam praktek kegiatan menjalankan aktifitas keagenan.Silahkan sampaikan komentar dengan sopan Informatif,konstruktif dan smart.Untuk Pertanyaan yang tidak terjawab di kolom komentar,silahkan PM langsung melalui Chat atau Inbox.

Free Pick Up Service

Free Pick Up Service
Layanan Pengambilan Kiriman ke rumah Anda & Pelayanan Tarik Tunai Via Kontak WA

TUTORIAL ENTRY FORM CDS ONLINE

PENDAFTARAN JEMPUT KIRIMAN-PICK UP SERVICE

Pendaftaran Jemput Kiriman Adalah Form Isian yang harus diisi oleh calon pelanggan Pos Indonesia sebagai Formulir Registrasi yang harus di...

Popular Posts

Customs Report

Customs Report
CETAK ULANG CDS

CDS Online

Produk Layanan Pos Indonesia

Info Pos Indonesia

Pengaturan Operasional Kirimanpos Internasional Outgoing
Menunjuk Surat Div. Pos Internasional PT Pos Indonesia (Persero) nomor: 257/Div.Pos Internasional/0320,tanggal: 20 Maret 2020,Perihal: Pengaturan Operasional Kirimanpos Internasional Outgoing Terkait Penyebaran Virus, dapat kami informasikan Negara-Negara yang terdampak sebagai berikut :